KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mts
SKI( Sejarah kebudayaan Islam
A. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
D.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL
. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
D.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad Saw.sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah
2.2. Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah
2.3. Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad Saw.dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
2.4. Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
3.3 Memahami pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
3.4 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
|
4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Melafalkan Q.S. al-‘Alaq 1–5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad Saw.
4.2. Melafalkan Q.S. al-Muddaffir1–7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad Saw.
4.3. Melafalkan Q.S. asy-Syu‘arw 154 dan al-oijr 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan
4.4. Mensimulasikan dakwah Nabi MuhammadSaw. waktu di Mekah
4.5. Mensimulasikan dakwah Nabi MuhammadSaw. waktu di Madinah
|
D.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghayati upaya dinasti bani Abbasiyah mendirikan daulah merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam
1.2. Menghargai nilai-nilai positif dari khalifah dinasti bani Abbasiyah yang menonjol
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menghargai semangat belajar para ilmuan muslim di masa dinasti Abbasiyah sehingga mampu membawa puncak kejayaan kebudayaan dan peradaban Islam
2.2. Menghargai nilai-nilai ajaran dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.3. Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah dinasti bani Abbasiyah yang terkenal
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami latar belakang berdirinya dinasti bani Abbasiyah
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
3.3. Memahami tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah
3.4. Memahami para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti Abbasiyah
4.2. Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim pada masa Dinasti Abbasiyah
4.3. Menunjukkan contoh keindahan Kota Bagdad sebagai wujud kemajuan budaya di masa dinasti Abbasiyah
|
D.4. KELAS VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghargai perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi untuk menegakkan agama Allah SWT.
1.2. Menghargai perjuangan dalam mensyiarkan kebenaran sesuai kondisi sekarang yang lebih menitikberatkan aspek humanis (kemanusiaan)
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Merespon perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.2. Menghargai semangat para pendiri dinasti Al-Ayyubiyah
2.3. Menghargai keteladanan sikap keperwiraan, zuhud, dan kedermawanan Shalahuddin al-Ayyubi dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah
3.2. Memahami para para pendiri dinasti Al-Ayyubiyah
3.3. Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa penguasa Ayyubiyah
3.4. Memahami penguasa dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal
3.5. Memahami ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Menceritakan terjadinya peristiwaPerang Salib
4.2. Menceritakan kegigihan Shalahuddin Yusuf al-Ayyubi dalam merebut kembaliMasjidilaksa
4.3. Menceritakan biografi tokoh yang terkenal pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.4. Menunjukkan contoh peran para ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah
|
Komentar
Posting Komentar