SILABUS
SILABUS
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 1 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 1 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 1 : Mencoba,
mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.1 Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
|
Kesadaran bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
|
Pembiasaan
sikap bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
|
·
Penilaian Diri
·
Observasi
|
||
1.1
Meneladani sikap arif dan
bijaksana sebagai implementasi
dari pemahaman mengenai sejarah masuknya
Islam di Nusantara
|
Sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di
Nusantara
|
Pembiasaan
sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi
dari pemahaman mengenai sejarah masuknya
Islam di Nusantara
|
·
Penilaian Teman
·
Jurnal
|
||
3.1
Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
4.1. Memaparkan
alur
perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia
|
Sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
|
Mengamati
·
Memperhatikan
penjelasan guru tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
·
Membaca materi
tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran
Menanya
· Melakukan tanya jawab tentang sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi
teori-teori masuknya Islam di Nusantara
·
Mendiskusikan
proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
·
Mendiskusiakn
proses masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
·
Mendiskusiakan
proses masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia, Waktu, Jalur masuknya ke Islam Ke
Indonesia melalui pendidikan, perdagangan, Sosial dan pengajaran
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil diskusinya
di depan kelas tentang tentang proses masuknya Islam ke Indonesia, Waktu, Jalur
masuknya ke Islam Ke Indonesia melalui pendidikan, perdagangan, Sosial dan
pengajaran
|
·
Tugas Terstruktur
·
Tes Tulis
·
Tes Lisan
·
Portofolio
·
Unjuk Kerja
·
Proyek
·
Produk
|
2 x TM (4x40 menit)
|
·
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Kitab Al-Quran dan terjamahanya
·
Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
· Multimedia
interaktif dan Internet
|
1.2 Menghayati
nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi
|
Nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru
dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
Pembiasaan
meneladani nilai-nilai yang dicontohkan oleh juru dakwah
di di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
|||
2.2 Menghargai nilai-nilai sejarah
perkembangan Islam di Indonesia
|
Nilai-nilai
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
Pembiasaan
sikap menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
3.2 Memahami sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
4.2 Menceritakan sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
Sejarah
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
Mengamati
·
Memperhatikan
penjelasan guru tentang sejarah masuknya Islam di Jawa, Sumatera, dan
Sulawesi
·
Melihat Peta
Sejarah Kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Menanya
· Melakukan tanya jawab tentang sejarah
masuknya Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi
dari berbagai sumber tentang kerajaan Islam yang berkembang di Jawa, Sulawesi
dan Sumatera
Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang Kerajaan keran Islam yang berkembang di Jawa,
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
tentang berdirinya kerajaan Islam di Jawa,
|
·
Tugas Terstruktur
·
Tes Tulis
·
Tes Lisan
|
3xTM (120 menit)
|
·
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Kitab
Al-Quran dan terjamahanya
·
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain
· Multimedia interaktif dan Internet
|
1.3 Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain dalam mensyiarkan Islam
|
Nilai-nilai perjuangan Walisongo dan
lain-lain dalam mensyiarkan Islam
|
Pembiasaan sikap menerapkan nilai-nilai
perjuangan Walisongo dan lain-lain dalam mensyiarkan Islam
|
·
Penilaian Diri
·
Observasi
|
2 x TM (80 menit)
|
|
2.3 Meneladani sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh Walisongo dan lain-lain
|
Sikap istiqamah
seperti dicontohkan oleh Walisongo
dan lain-lain
|
Pembiasaan
sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh Walisongo dan lain-lain
|
|||
3.3 Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan
Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari)
1.3
Menceritakan biografi
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H.
Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
Biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim
|
·
Tugas Terstruktur
·
Tes Tulis
·
Tes Lisan
·
Portofolio
·
Unjuk Kerja
·
Proyek
·
Produk
|
4 x TM (160 menit)
|
·
Buku Pedoman Guru
mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Kitab
Al-Quran dan terjamahanya
·
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain
· Multimedia
interaktif dan Internet
|
|
1.4 Berkomitmen untuk
selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang
dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan
dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
Komitmen untuk selalu
tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan
Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H.
Hasyim Asy‘ari
|
Pembiasaan
sikap berkomitmen untuk selalu tekun,
gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur
Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim
Asy‘ari
|
·
Penilaian Diri
·
Observasi
|
||
2.4 Meneladani
semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim
Asy‘ari
|
Semangat juang menyebarkam agama Islam seperti
yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H.
Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
Pembiasaan sikap meneladani semangat juang menyebarkam agama Islam
seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
|||
3.4 Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan
K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
4.4 Membuat peta
konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf
Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim
Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
Semangat
perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad
Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
·
Tugas Terstruktur
·
Tes Tulis
·
Tes Lisan
·
Portofolio
·
Unjuk Kerja
·
Proyek
·
Produk
|
·
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·
Kitab
Al-Quran dan terjamahanya
·
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain
· Multimedia interaktif dan Internet
|
Komentar
Posting Komentar