SILABUS

SILABUS

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan              :  Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran                    :  Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas / Semester                  :  IX (Sembilan) / 1
Kompetensi  Inti :     
KI 1    :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 1    :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 1    :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 1    :   Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
1.1    Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
Kesadaran bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim

Pembiasaan sikap bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
·     Penilaian Diri
·     Observasi


1.1    Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara
Sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara

Pembiasaan sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara

·     Penilaian Teman
·      Jurnal


3.1  Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran














4.1. Memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia

Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
Mengamati
·     Memperhatikan penjelasan guru tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
·     Membaca materi tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran

Menanya
·     Melakukan tanya jawab tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran

Mengeksplorasi
·     Mengidentifikasi teori-teori masuknya Islam di Nusantara
·     Mendiskusikan proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
·     Mendiskusiakn proses masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
·     Mendiskusiakan proses masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran

Mengasosiasi
·     Membuat rumusan hasil diskusi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia, Waktu, Jalur masuknya ke Islam Ke Indonesia melalui pendidikan, perdagangan, Sosial dan pengajaran

Mengkomunikasikan:
·     Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang tentang proses masuknya Islam ke Indonesia, Waktu, Jalur masuknya ke Islam Ke Indonesia melalui pendidikan, perdagangan, Sosial dan pengajaran
·     Tugas Terstruktur
·     Tes Tulis
·     Tes Lisan


·     Portofolio
·     Unjuk Kerja
·     Proyek
·     Produk
2 x TM (4x40 menit)
·     Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Kitab Al-Quran  dan terjamahanya
·     Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
·     Multimedia interaktif dan Internet


1.2 Menghayati nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Pembiasaan meneladani nilai-nilai yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi



2.2  Menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Pembiasaan sikap menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia



3.2  Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
4.2  Menceritakan sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Mengamati
·     Memperhatikan penjelasan guru tentang sejarah masuknya Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
·     Melihat Peta Sejarah Kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi

Menanya
·     Melakukan tanya jawab tentang sejarah masuknya Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi

Mengeksplorasi
·     Mengidentifikasi dari berbagai sumber tentang kerajaan Islam yang berkembang di Jawa, Sulawesi dan Sumatera

Mengasosiasi
·     Membuat rumusan hasil diskusi tentang Kerajaan keran Islam yang berkembang di Jawa, Sulawesi dan Sumatera

Mengkomunikasikan:
·     Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang berdirinya kerajaan Islam di Jawa, Sulawesi dan Sumatera
·     Tugas Terstruktur
·     Tes Tulis
·     Tes Lisan

3xTM (120 menit)
·     Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Kitab Al-Quran  dan terjamahanya
·     Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
·     Multimedia interaktif dan Internet

1.3  Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain  dalam mensyiarkan Islam
Nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain  dalam mensyiarkan Islam
Pembiasaan sikap menerapkan nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain dalam mensyiarkan Islam
·     Penilaian Diri
·     Observasi
2 x TM (80 menit)

2.3  Meneladani sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh  Walisongo dan lain-lain
Sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh  Walisongo dan lain-lain
Pembiasaan sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh  Walisongo dan lain-lain



3.3  Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari)
1.3    Menceritakan biografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim

·     Tugas Terstruktur
·     Tes Tulis
·     Tes Lisan


·     Portofolio
·     Unjuk Kerja
·     Proyek
·     Produk

4 x TM (160 menit)
·     Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Kitab Al-Quran  dan terjamahanya
·     Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
·     Multimedia interaktif dan Internet
1.4  Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
Komitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
Pembiasaan sikap berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
·     Penilaian Diri
·     Observasi







2.4  Meneladani semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
Semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
Pembiasaan sikap meneladani semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari



3.4  Memahami  semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
4.4  Membuat peta konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia 
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia

·     Tugas Terstruktur
·     Tes Tulis
·     Tes Lisan



·     Portofolio
·     Unjuk Kerja
·     Proyek
·     Produk


·     Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls IX Kemenag
·     Kitab Al-Quran  dan terjamahanya
·     Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
·     Multimedia interaktif dan Internet

Komentar